Download lagu indonesia gratis, download nada sms gratis, mp3 gratis, musik gratis, lagu gratis, mp3, ebook gratis, software gratis, download gratis, semuanya gratis

Minggu, 25 April 2010

Menyiasati Hidup di Dua Dunia

Sekarang pikirkan tentang strategi promosi. Anda bisa berpromosi di dua ranah, yaitu online dan offline. Gunakan semua kemampuan anda berimajinasi untuk menciptakan peluang berpromosi. Anda bebas mau memasang iklan di mana saja. Selama iklan anda benar-benar efektif, situs web anda tidak akan sepi pengunjung.

Jika anda berkonsentrasi pada iklan online, anda harus menghubungkan sebanyak mungkin links dengan situs web lain. Anda bisa gunakan banner, search engine, forum diskusi atau chat conference, bahkan email. Jika anda bergabung dengan forum diskusi, anda bisa direkomendasikan oleh peserta lain sehingga siapapun yang tertarik dengan tema situs web anda, akan langsung mengunjungi anda. Atau, anda bisa juga menulis artikel untuk situs web orang lain. Dengan cara ini anda bisa menambah back link ke situs anda. Selain itu, buat press kit versi online untuk publikasi. Intinya, anda harus menghubungkan diri dengan sebanyak mungkin entitas online. Agar, situs anda menjadi bagian dalam komunitas online.

Sekarang silakan berpromosi secara offline. Pikirkan segala kemungkinan. Dan imajinasi anda juga harus bermain di sini. Materi promosi dalam dunia offline tentu memperbesar peluang anda untuk berkembang. Karena lebih banyak orang yang membaca iklan secara offline daripada online. Ya, karena tidak semua orang selalu online dan bergabung dengan komunitas-komunitas tertentu di Internet. informasi yang mereka peroleh sebagian besar didapat dari koran, radio atau televisi.

Jika anda sudah membuat orang-orang itu mengetahui keberadan situs web anda, peluang anda untuk dikenal jadi lebih terbuka. Bukan tidak mungkin situs web andalah yang mereka cari.

Caranya bagaimana? Begini...

Masukkan saja situs web anda di kartu nama anda, di yellow page, katalog, newsletter, iklan baris, radio, televisi, atau dimanapun terserah anda. Intinya dimanapun anda punya kesempatan untuk mengenalkan situs web pada khalayak, di situlah tempat promosi offline yang efektif. Mudah saja bukan? Tinggal mengarahkan semua orang ke situs web anda. Dan, tunggu saja hasilnya. Karena anda sudah berada di jalur promosi yang benar.

Dan ada satu hal yang harus anda hindari dalam iklan offline. Jangan puas dengan mencetak nama situs web dalam ukuran kecil. Jika anda beriklan di koran, jangan tampilkan alamat situs web anda dalam ukuran kecil. Mengapa? Karena ini sama saja anda tidak melakukan promosi yang efektif. Pasalnya, nama situs web anda tidak akan menempel di benak orang-orang yang menyaksikan atau membacanya.

Jadi, dalam berpromosi anda harus menampilkan kebanggaan, antusiasme, dan
kebahagiaan. Jangan hanya menuliskan situs web ala kadarnya. Dengan demikian orang akan penasaran apa hebatnya situs web anda sehingga anda sangat membanggakannya.

Dan tugas anda selanjutnya membuat mereka terpesona dengan keajaiban situs web anda. Bawa mereka datang ke situs web anda. Dan buat mereka kembali dan kembali lagi mengahampiri anda. Juga jangan lupa, hanya konten yang memikat dan mematikan yang mampu menghipnotis pengunjung.

Sering kali terjadi salah paham dalam memulai bisnis internet. Anda memperlakukan bisnis internet sama seperti bisnis offline. Padahal aturan mainnnya sangat berbeda meski beberapa memang ada kesamaan. Dan dibanding bisnis offline, anda harus memberikan perhatian yang jauh lebih mendetail di bisnis ini.

Detail apa yang harus diperhatikan? Ya, pastikan situs web anda tetap fresh dan menarik. Berikan perhatian ekstra di segala segi, segala sudut. Baik penampilan, warna, lay out, penggunaan bahasa, newsletter, dll. Selain itu, anda harus melihat situs web anda dari kaca mata pengunjung. Cermati apa saja yang kurang dan bagaimana membuatnya lebih baik. Dan yang tidak kalah penting, pikirkan cara agar pengunjung tidak repot menemukan situs web anda. Misal, situs web anda membahas tentang film. Kapanpun pengunjung yang mencari informasi film, usahakan mereka langsung menemukan situs web anda. Tanpa perlu lama-lama browsing dan menghabiskan banyak waktu. Sekali pengunjung mengetik keyword film, usahakan situs web anda muncul di halaman pertama search engine.

Nah, sekarang anda mesti jawab pertanyaan ini...

Apakah situs web anda selalu muncul di bagian atas hasil pencarian semua search engine?

Apakah berada di halaman pertama hasil pencarian? Kalau iya, berarti kesempatan anda mendapat perhatian dan klik pengunjung baru akan semakin besar. Tapi, tugas anda tidak berhenti di situ saja. Anda harus mengatasi permasalahan ini, dapatkah pengunjung anda langsung mendapatkan informasi yang mereka inginkan?

Ataukah mereka harus melewati banyak halaman yang tidak perlu? Apakah mereka dapat menghubungi anda dengan mudah kapanpun dan dimanapun? Apakah semua link yang anda sediakan merujuk pada link mitra kerja anda? Apa pendapat para pesaing anda? Apa ada newsgroup center atau mailing list di lingkungan bisnis anda? Perubahan baru apa yang harus ada dan harus terus dipromosikan?

Kesalahan terbesar dalam bisnis internet adalah terlalu menggantungkan diri pada situs web. Meski anda hanya mempunyai satu situs web tidak ada jaminan bahwa anda adalah seorang pebisnis yang aktif. Benar? Ya, biasanya pebisnis pemula sudah merasa cukup dengan membuat situs web. Mereka pikir tidak perlu melakukan berbagai upaya untuk menjaring pengunjung karena sudah ada search engine yang mengantarkan pengunjung ke pintu situs web mereka. Ini keliru. Anda tahu apa artinya aktif? Ya, aktif di dunia maya berarti mengikuti forum dimana prospek (pengunjung) anda berpartisipasi. Di sana anda
harus memahami apa saja yang pengunjung katakan. Pelajari apa saja masalah yang sedang mereka hadapi lalu tulis pesan yang bisa membantu mereka menemukan solusi.

Dan buktikan keahlian anda. Kirim email kepada anggota forum setelah mereka tertarik dengan tulisan anda dalam forum.
Hal yang sama juga berlaku untuk chat room. Aktif di chat room adalah peluang terbaik untuk membina hubungan yang bertahan lama dengan relasi anda. Dan ingat, jangan pernah menyombongkan bisnis anda di sini. Karena area ini sangat sensitif. Kemanapun arah percakapan yang anda buat, mereka akan memberikan perhatian penuh. Dan sekali saja teman-teman chatting anda tersinggung atau jika anda memamerkan diri, hati-hati...
imej anda bisa menjadi buruk.

Jadi kesimpulannya, teruslah aktif dalam forum dan chat group, aktif mengirim email pada relasi-relasi dalam kontak email anda, dan gunakan software-software yang mampu menunjang bisnis anda. Jaga stamina situs web anda dan tak lupa juga, terus berpromosi...

Selanjutnya, Bersambung Besok di Jam yang sama :)

1 komentar: